MOBIL VS RUMAH, SAMA-SAMA IMPIAN MASA DEPAN

Menentukan prioritas finansial bagi sebagian orang kadangkala tak semudah bayangan. Ketika masih lajang, pertimbangan finansial mungkin masih tidak terlalu rumit. Maklum, waktu masih lajang, tanggung jawab serta tanggungan masih cukup sedikit. Tuntutan kebutuhan pula belum poly.

Kebalikannya, waktu telah menikah, secara alamiah tuntutan kebutuhan pun semakin poly. Ada pasangan yang perlu dipikirkan kesejahteraannya. Lebih-lebih ketika kelak lahir oleh buah hati. Pasangan belia tidak bisa lagi berjalan sendiri-sendiri dalam mengelola keuangannya. Mau tak mau, Anda dan pasangan perlu memikirkan taktik pengelolaan keuangan bersama.

Galat satu hal yang kerap menjadi gosip pada kalangan pasangan belia merupakan ketika dihadapkan pada pilihan yaitu apakah membeli kendaraan langsung lebih dulu ataukah membeli rumah? Jawaban atas pertanyaan tadi akan berpulang pada situasi dan kondisi seseorang.

Semakin dewasa usia engkau , maka akan semakin poly ambisi atau yg ingin dicapai, untuk memenuhi kebutuhan hidup. sudah mempunyai penghasilan yg terbilang mapan dan honor setiap bulannya, tentu saja terdapat hasrat dalam diri yg ingin segera mengalokasikan pendapatan tersebut. Hal ini tentu tidak ada salahnya, asalkan kamu tahu mana yang harus diprioritaskan dan kebalikannya. tetapi, pada kalangan anak muda zaman kini , ternyata poly yg mengalami kebingungan buat menentukan, beli rumah atau mobil terlebih dahulu?

Jikalau sudah begini, baiknya kamu menentukan pilihan dengan bijak serta mengesampingkan ego dalam memilih kedua hal pada atas, memang tidak praktis karena keduanya memang termasuk kebutuhan.

Yuk disimak dan dicermati sebagai berikut :

1. Cek Dulu Mana yang Masuk pada Kebutuhan primer

Meski sama-sama krusial, tapi Jika diadaptasi dengan kebutuhan utama, maka rumahlah yg harusnya diutamakan daripada mobil. rumah merupakan tempat peristirahatan yang nyaman, sedangkan mobil hanya untuk moda transportasi yg memudahkan Anda saat perjalanan.
Terlebih lagi jikalau statusmu kini belum menikah, jadi rumah ialah pilihan yg paling pas. bila sudah berkeluarga nanti, Anda tidak perlu berpikir keras memikirkan kawasan beristirahat sebab sudah menyiapkan satu kawasan ternyaman sebelumnya.
tapi bagi yg sudah berkeluarga serta dikaruniai lebih dari satu anak, maka perlu mempertimbangkan ulang mana yang paling krusial. jikalau belum bisa memutuskan, sebaiknya minta donasi financial planner buat memberikan saran terbaik buat kelangsungan hidup.

2. Grafik Harga yg Mengalami Perubahan

Antara rumah dan mobil, mempunyai grafik harga yg berbeda dan berubah setiap tahunnya. misalnya saja tanah dan tempat tinggal , yg selalu naik setiap tahunnya. Hal ini sebab banyaknya orang sehingga huma semakin sempit. sebagai akibatnya tidak heran lagi Bila harga tempat tinggal tiap tahunnya akan mengalami grafik perubahan yg tinggi.
Hal ini tentunya akan berbanding terbalik menggunakan harga mobil yg justru akan mengalami penurunan setiap tahunnya. buat itu, tidak usah pusing serta gundah lagi mana yg harus engkau pilih antara rumah atau mobil.

3. Cicilan dengan jangka waktu yang lama

Harga rumah baru memang sangat jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga kendaraan beroda empat yang baru, walaupun tidak semuanya. akan tetapi ketika sudah memutuskan beli tempat tinggal lebih dahulu, Anda bisa menentukan tenor cicilan yang lebih lama untuk melunasinya. Tenor cicilan maksimum yang ditawarkan oleh penyedia Kredit Pemilikan rumah ialah 20 tahun.
sementara untuk kendaraan beroda empat, walau kadang diberikan banyak potongan harga dan promosi, tenor cicilan maksimum yg ditawarkan rata-rata 3 sampai lima tahun saja. dengan ternor terlama, untuk tempat tinggal seharga Rp 500 jutaan serta kendaraan beroda empat Rp 200 jutaan, besar cicilan per bulannya berkisar antara Rp 2,5 – Rp 3 juta.

4. Rencana hidup

Rencana hayati sering menentukan dimana seseorang akan tinggal dalam jangka waktu tertentu. Apakah kita akan tinggal di kota X hingga 10-20 tahun mendatang atau hanya tinggal hingga 2 tahun ke depan saja?
Planning tinggal dan membangun kehidupan di sebuah daerah dalam jangka saat usang bisa menjadi galat satu pertimbangan dalam membeli aset mirip rumah atau mobil terlebih dulu.
Seorang yg berencana tinggal di sebuah daerah hanya pada jangka waktu pendek mampu saja memilih membeli kendaraan beroda empat terlebih dulu daripada rumah sebab kendaraan beroda empat tadi mampu dibawanya saat pindah ke wilayah lain.
Namun, seorang yg memutuskan buat membentuk kehidupan pada jangka panjang di sebuah wilayah mampu saja menentukan tempat tinggal terlebih dulu ketimbang mobil sebagai rumah permanennya.

Jadi kamu sudah tahu jawabannya kan?

Semoga bermanfaat…

#tipskeuanganrumahtangga, #tipskeuanganmilenial, #tipsaturkeuangan, #tipsaturkeuanganrumahtangga,
#tipskeuanganpasanganbarumenikah, #tipsmengelolakeuangandimasapandemi, #tipskeuanganuntukgenerasimilenial, #tipsmengaturkeuanganrumahtanggamenurutislam, #tipspengelolaankeuangan, #tipsperencanaankeuanganalamilenial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *