Saatnya Keluarga Muda Punya Rumah Impian!

Jaman sekarang bagi pasangan yang baru saja menikah pastinya mendambakan rumah yang menjadi salah satu impian yang ingin dicapai, daripada harus membayar sewa rumah kontrak atau kos, lebih baik uang gaji hasil kerja ditabung untuk membeli rumah. Mempunyai rumah sendiri juga merupakan investasi jangka panjang karena harga rumah akan naik dari tahun ke tahun.
Bagi pasangan yang baru menikah ada beberapa tipe rumah yang cocok untuk dipertimbangkan:

1. Rumah dengan tipe 21
Tipe rumah ini adalah rumah dengan tipe terkecil umumnya dengan luasan 3×7 meter persegi. Desain ruangannya terdiri dari satu kamar tidur, satu kamar mandi dan satu ruangan multifungsi. Agar ruangan terkesan tampak luas sebaiknya dapur diletakkan di luar ruangan.

2. Rumah dengan type ukuran 36
Tipe rumah ini merupakan rumah yang sudah populer dijual oleh para pengembang perumahan atau developer. Pada umumnya rumah tipe 36 ini memiliki luasan 6×6 meter persegi. Desain rumah tipe 36 ini mempunyai 2 kamar tidur, 1 kamar mandi dan 1 ruang tamu yang menyatu antara ruang keluarga, ruang tamu dan dapur.

3. Rumah dengan type ukuran 45
Tipe rumah ini umumnya disebut sebagai rumah minimalis karena memanfaatkan lahan semaksimal mungkin. Rumah tipe 45 biasanya berukuran 6×7,5 meter persegi, rumah ini mempunyai desain 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruangan multifungsi, 1 garasi mobil dan ruang terbuka hijau. Tipe rumah ini sesuai bagi keluarga yang telah memiliki 1 atau 2 anak.

4. Rumah dengan type ukuran 54
Tipe rumah ini umumnya memiliki luas 9×6 meter persegi. Rumah ini sesuai bagi keluarga muda yang memiliki 2 anak. Rumah tipe ini mempunyai 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruangan multifungsi yang bisa dijadikan ruang tamu, ruang keluarga dan juga dapur. Rumah tipe ini juga ada carport dan taman.

5. Rumah dengan type ukuran 60
Tipe rumah ini dengan ukuran 6×10 meter persegi, rumah tipe 60 tergolong nyaman untuk keluarga muda. Kamar yang tersedia ada 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 ruang tamu, ruang keluarga dan area dapur. Tersedia area carport dan teras untuk tipe rumah ini.

6. Rumah dengan type ukuran 70
Tipe rumah dengan luas bangunan sebesar 70 meter persegi dengan ukuran rumah 7×10 meter persegi. Umumnya memiliki 3 hingga 4 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 ruang keluarga, ruang tamu dan dapur. Sisi bagian luar terdapat teras dan carport. Rumah ini bisa juga dibangun dengan dua lantai.

  • ┬áLokasi yang Strategis
    Lokasi strategis juga penting, akses yang dekat dengan fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, kesehatan dan pendidikan. Akses jalan menuju lokasi juga harus dipikirkan, apakah terdapat jalan utama atau tidak, apakah lokasinya masuk daerah rawan bencana atau tidak, Semakin strategis suatu lokasi pastinya semakin mahal.
  • Pastikan developer dapat dipercaya
    Cari info mengenai developer yang yang baik, dengan cara cari tahu tentang proyek yang sudah pernah dibangun oleh developer tersebut, apakah pernah bermasalah atau tidak?, kompensasi apa yang akan diberikan apabila terjadi keterlambatan pekerjaan dan bagaimana mekanisme kompensasinya.
  • Pastikan Tidak Memiliki Kredit Macet
    Jika pilihannya menggunakan KPR pastikan istri atau suami tidak memiliki tunggakan kredit. bila memiliki tunggakan kredit pastinya akan berpengaruh pada pengajuan KPR oleh bank. Tunggakan kredit tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan oleh bank apakah nasabah memiliki kemampuan dalam membayar cicilan.
  • Pelajari Mekanisme Pembayaran Rumah
    Mekanisme pembayaran rumah seperti pembeli harus membayar booking fee, down payment (DP) yang merupakan pengikat harga antara developer dan pembeli. Sistem pembayaran pun ada beberapa jenis. Ada yang melalui KPR, cash keras atau cash bertahap.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat ya..

Nantikan artikel selanjutnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *