CARA MENCEGAH BANJIR DI RUMAH DAN DI LINGKUNGAN SEKITAR RUMAH

Banjir adalah salah satu bencana alam yang sangat dihindari terutama orang-orang yang memiliki rumah. Banjir memang salah satu bencana yang sangat mengkhawatirkan bagi setiap orang. Terlebih lagi orang yang tinggal di kawasan dataran rendah yang sangat sering mendapat kiriman banjir dari dataran tinggi ketika terjadi hujan yang sangat lebat.
Selain dataran rendah, lingkungan yang kotor atau jarang di bersihkan juga bisa berdampak pada banjir. Lingkungan yang kotor, saluran yang tersumbat atau bahkan tanah yang tidak bisa menyerap air pun bisa menyebabkan banjir.


Apalagi ketika orang-orang atau konsumen yang ingin membeli rumah, hal yang pertama di perhatikan adalah lingkungan daerah rumah yang ingin mereka beli dan dijadikan rumah. Apakah daerah tersebut rawan banjir atau tidak? Apakah daerah tersebut dataran tinggi atau dataran rendah? Dan banyak hal lain sebagainya yang ditanyakan ketikan ingin membeli rumah.


Lalu bagaimana sih caranya agar menanggulangi atau mencegah banjir tersebut terjadi di rumah dan lingkungan kita? Semuanya kita rangkum dari mbah google dan dituangkan dalam artikel ini, yuk simak :

  1. Buatlah tanggul sederhana
    Cara ini terbilang efektif dikarenakan tanah bisa menyerap air dan mencegahnya masuk ke dalam rumah. Tanggul ini bisa dibuat dengan cara mengisi karung bekas dengan pasir atau membuat batu-batuan menjadi sebuah tanggul. Banyak sekali cara-cara ketika ingin membuat tanggul untuk rumah agar mencegah banjir dan airnya masuk ke dalam rumah.
  2. Meninggikan Rumah
    Usahakan agar lantai di dalam rumah sebaiknya lebih tinggi dibandingkan dengan lantai di teras. Agar air hujan tidak masuk ke dalam rumah, usahakan juga untuk membuat tingkat ketinggian untuk rumah menjadi lebih tinggi dari pada level jalan. Pastikan juga Anda menggunakan keramik yang permukaannya tidak licin untuk menghindari hal-hal seperti, jatuh terpeleset dan tidak membahayakan anda dan orang lain.
  3. Membuat sumur resapan atau lubang biopori
    Dengan membuat sumur resapan atau lubang biopori, kamu bisa membuat air hujan yang turun lebih mudah terserap ke dalam tanah, mengalir ke lubang biopori. Semakin banyak lubang biopori di halaman, maka rumah semakin aman dari bahaya banjir dan kemungkinan kecil air menggenang di halaman rumah.
  4. Menanam pohon
    Menanam pepohonan yang memiliki daya serap air tinggi di halaman rumah, selain mempercantik penampilan rumah, juga mampu menangkal banjir. Kehadiran pohon-pohon berbatang besar di rumah dapat membantu penyerapan air hujan. Menanam pohon juga sangat bermanfaat untuk meresap air yang banyak.
  5. Buang Sampah pada Tempatnya
    Seperti yang sudah diketahui, salah satu penyebab banjir yaitu adalah dari masyarakat sendiri yaitu kebiasaan membuang sampah ke selokan atau ke sungai. Untuk mengubah kebiasaan tersebut tentu harus dimulai dari diri kita sendiri dan di sekitar lingkungan rumah kita sendiri. Anda harus mulai mendisplinkan diri dan anggota keluarga untuk membuang sampah rumah tangga ke Tempat Pembuangan Akhir. Dan hindari membuang sampah pada saluran-saluran atau selokan di sekitar lingkungan rumah.

Tapi perlu kalian ingat juga lhoo, lingkungan yang bersih juga tergantung dari dalam diri kita sendiri. Jika kita sering dan rajin membersihkan lingkungan di sekitaran rumah kita itu akan memungkinkan untuk pencegahan banjir. Dan begitu pun sebaliknya, jika kita tidak pernah membersihkan lingkungan kita itu akan menyebabkan kemungkinan banjir akan terjadi.


Dan untuk kalian para calon konsumen yang ingin membeli rumah, semoga tips ini bisa menjadi acuan kalian ketika ingin membeli rumah agar kalian bisa berjaga-jaga dan menerapkan tips tersebut ketika rumah di sekitaran kalian rawan banjir.


Yuk silahkan kalian coba dan praktekkan dari beberapa tips diatas, semoga bisa menjadi manfaat untuk kalian di kemudian hari yaaa.. semoga bermanfaat untuk kalian yang membacanya. Terima kasih, sampai jumpa di artikel yang lainnya ya.

#tipsmengatasibanjir, #tipsmengatasibanjirdirumah, #caramencegahbanjirdiperkotaan, #caramencegahbanjirmasukkerumah, #caramencegahbanjirsaatmusimhujan, #caramencegahbanjiryangmudah, #caramencegahbanjirsederhana, #caramencegahterjadinyabanjir, #apayangharusdilakukanagartidakterjadibanjir, #caramengatasiagartidakterjadibanjir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *